Festival Kopi Ke II Dibuka Oleh Wakil Bupati Karo Di Taman Mejuah Juah

Festival Kopi Ke II Dibuka Oleh Wakil Bupati Karo Di Taman Mejuah Juah

Kegiatan Festifal Kopi ke II (dua) di Taman Mejuah juah Berastagi dengan tema “Kopi Kita Kopi Karo” telah dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melalui Cory Sriwaty Br Sebayang selaku wakil Bupati Karo. Festifal tersebut di gelar selama 2 hari (08 – 09 / 12) 2018 Sabtu (08/12) 2018 pukul 10. 30 WIB.

 

Dalam sambutanya Wakil Bupati Cory Sriwaty Br Sebayang mengatakan “Kabupaten Karo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara sebagai daerah sentra pertanian dan pariwisata yang terletak di dataran tinggi pegunungan bukit barisan dan berada pada ketinggian 120 – 1.600 MDPL. Adanya dua gunung merapi yang masih aktif tentunya sangat mempenagurahi kesuburan lahan pertanian, dan inilah yang membedakan Kabupaten Karo dengan Kabupaten lainya yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini, ”

“Saat ini produksifitas kopi sudah 1.5 ton perhektar untuk areal penanaman kopi seluas 8400 hektar di kabupaten karo. Untuk itu, saya harap dengan adanya acara ini dapat kopi Karo semakin dapat dikenal di daerahnya sendiri maupun di luar daerah," ujar Cory

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian nasional, khususnya sebagai sumber pendapatan dan devisa negara juga penyedia lapangan kerja. Dimana beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan penikmat Kopi dalam Negeri dimana pula pengetahuan masyarakat mengenai khasiat Kopi untuk kesehatan sudah meningkat sehingga permintaan untuk konsumsi juga meningkat, ” Sambung Cory Sriwaty Br Sebayang.

 

Melihat potensi yang dimiliki itu, Cory juga mengatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan tersebut. 

"Kepada petani kopi, mari kita berjuang bersama-sama, sehingga kopi daerah kita benar-benar dikenal sampai tingkat internasional. Walaupun kita baru merintis, kita harus berjuang semaksimal mungkin," katanya.

 

Sementara pihak BNPB Karo yang juga turut hadir mengatakan, ”dengan di dukung oleh para stakeholder Kopi Karo sudah dikenal luas bahkan sudah mendunia, kita BNPB sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan festival Kopi Karo ini, agar petani Karo juga makin semangat untuk bertani, ” harapnya.